Sunday

5 Cara Mudah untuk Menurunkan Tekanan Darah

Jangan pernah menganggap enteng tekanan darah tinggi atau hipertensi! Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, resiko terkena serangan jantung dan stroke menjadi lebih besar. Untuk meminimalisir tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda memulai pola hidup sehat dan menjaga pola makan.


Namun, dalam memulai pola hidup sehat ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan agar hasil yang didapat bisa maksimal. Dilansir dari WebMD, berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


1. Menurunkan berat badan

Jika Anda termasuk penderita obesitas, Sebaiknya Anda harus menurunkan berat badan. Dengan memangkas berat badan Anda dapat meminimalisir tekanan darah tinggi di dalam tubuh.

Cara menurunkan berat badan sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, serta menjaga pola makan. Untuk pola makan, pilihlah makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

2. Rutin berolahraga

Yang perlu digaris bawahi, olahraga tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Kegiatan sederhana seperti berkebun, mencuci motor atau mobil, serta mengerjakan pekerjaan rumah lainnya merupakan aktivitas fisik yang mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, jalan santai, atau berenang.

Dalam sebuah studi yang pernah dilakukan, seseorang yang rutin berolahraga, memiliki resiko lebih rendah untuk terserang hipertensi dibandingkan dengan seseorang yang jarang berolahraga.

3. Batasi asupan garam

Garam merupakan salah satu faktor utama penyebab tekanan darah tinggi, American Heart Association menyarankan agar orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi, mengkonsumsi garam dibawah 1.500 miligram/hari.

Anda bisa mengganti garam dengan rempah-rempah, selain itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium, seperti pisang, ikan tuna, kismis, dan susu. Karena makanan yang mengandung potassium dipercaya dapat menurunkan kadar natrium. Natrium perpotensi menaikan resiko hipertensi.

4. Hidari Stres

Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kemacetan, masalah dengan pasangan atau rekan kerja, tekanan dari atasan, dan sebagainya. Beragam kondisi tersebut bisa membuat Anda stres bahkan cemas berkepanjangan. Padahal, menjaga mood untuk tidak stres memiliki peran penting dalam menjaga hipertensi.

Tidak ada salahnya Anda mencoba olahraga di ruangan terbuka untuk menjaga kesehatan fisik maupun kesehatan mental, atau bisa juga mencoba olahraga yang bisa melatih tubuh dan pikiran sekaligus, seperti tai-ichi atau yoga. Bersantai dibawah sinar matahari pagi, juga bisa meningkatkan endrofin. Endrofin adalah hormon yang mampu menimbulkan rasa senang dan nyaman.

5. Berhenti merokok

Meninggalkan kebiasaan merokok adalah pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan jantung.

Setiap hisapan rokok berpotensi meningkatkan tekanan darah. Dengan menjaga tekanan darah dalam kondisi normal, hal ini tentu saja akan memperpanjang hidup Anda.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut juga ‘pembunuh diam-diam’. Karena penyakit ini sangat sulit terdeteksi sehingga banyak penderitanya tidak sadar memiliki tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, usahakan rutin melakukan pemeriksaan serta selalu jaga kondisi tubuh dan pola makan agar Anda dapat mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi sejak dini.

5 Cara Mudah untuk Menurunkan Tekanan Darah Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top