Sunday

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Muka Berjerawat

Herballify - Jerawat adalah kondisi medis dimana pori-pori kulit tersumbat, sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah masalah kulit yang cukup banyak penderitanya terutama remaja yang menginjak pubertas, meski tidak jarang terjadi pada orang dewasa.
Kebiasaan penyebabkan muka berjerawat
Bagi remaja, jerawat merupakan masalah yang kerap muncul dan sulit untuk dihindari. Sekitar 6 dari 10 remaja mengaku mengalami 10 masalah kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan jerawat. Jerawat biasanya timbul karena perubahan hormon dalam tubuh, namun faktanya ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan muka berjerawat.

Kebiasaan Penyebab Muka Berjerawat


Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan muka berjerawat:

1. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Banyak yang berpendapat wajah yang kotor dapat memicu munculnya jerawat, sehingga harus sering membersihkan wajah. Faktanya, membersihkan wajah terlalu sering justru dapat mengikis minyak di wajah. Hal inilah yang dapat memicu wajah memproduksi minyak secara berlebihan yang dapat meningkatkan resiko munculnya jerawat.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Rambut

Saat melakukan aktivitas formal seperti pergi kekantor atau kondangan, Anda pasti memakai hair spray atau pomade agar rambut tertata rapi. Namun, sebaiknya jangan menggunakannya secara berlebihan. Karena beberapa produk untuk rambut mengandung bahan kimia yang dapat memicu munculnya jerawat, khususnya di area sekitar kening.

3. Handphone Yang Kotor

Wajah akan memproduksi minyak dan keringat yang dapat menempel di handphone saat Anda sedang menerima telepon. Lama kelamaan handphone akan kotor dan memicu bakteri untuk berkembang biak. Nah, sisa keringat, minyak, atau kotoran lain yang ada di hanphone tanpa disengaja akan menempel kembali di wajah Anda. Akibatnya wajah jadi penuh bakteri pemicu jerawat.

4. Memakai Krim Penghilang Jerawat Secara Berlebihan

Mungkin Anda sering kesal karena jerawat tidak kunjung hilang, sehingga mengoleskan krim penghilang jerawat secara berlebihan. Faktanya, beberapa bahan kimia yang terkandung dalam krim penghilang jerawat justru dapat memicu iritasi kulit. Jadi bijaklah dalam menggunakan krim penghilang jerawat.

5. Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat justru membuat jerawat semakin parah. Bahkan dapat membuat bekas jerawat sulit hilang.

6. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Gula

Makanan yang mengandung gula dalam jumlah tinggi sangat erat kaitannya dengan timbulnya jerawat. Jadi hindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti pasta, roti, keripik kentang, atau kue.

Untuk mencegah jerawat muncul secara berlebihan, sebaiknya anda menghentikan kebiasaan yang telah disebutkan di atas. Mulailah melakukan perawatan wajah sederhana seperti membersikan wajah secara rutin setelah beraktifitas. Pilihlah produk penghilang jerawat yang aman tanpa tambahan bahan kimia atau bisa juga menghilangkan jerawat menggunakan buah apel atau bahan alami lainnya seperti seledri dan lemon yang terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat.

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Muka Berjerawat Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top