Wednesday

Efek Kurang Tidur Pada Tubuh

Jika Anda pernah menghabiskan malam sambil berguling-guling, Anda sudah tahu bagaimana perasaan Anda keesokan harinya - lelah, rewel, dan tidak beres. Tapi melewatkan 7 sampai 9 jam menutup mata setiap malam lebih dari sekedar membuat Anda merasa grogi dan pemarah. Efek jangka panjang dari kurang tidur adalah nyata. Ini menguras kemampuan mental Anda dan menempatkan kesehatan fisik Anda pada risiko nyata. Ilmu pengetahuan telah menghubungkan tidur dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kenaikan berat badan sampai sistem kekebalan yang lemah.

Tubuh Anda butuh tidur, sama seperti kebutuhan udara dan makanan berfungsi sebaik mungkin. Untuk mengatasi kurang tidur, Saat tidur, tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri dan memulihkan keseimbangan kimianya. Otak Anda menempa koneksi baru dan membantu retensi memori. Tanpa cukup tidur, otak dan sistem tubuh Anda tidak akan berfungsi normal. Hal ini juga dapat secara dramatis menurunkan kualitas hidup Anda. Sebuah tinjauan terhadap 16 penelitian menemukan bahwa tidur kurang dari 6 sampai 8 jam semalam meningkatkan risiko kematian dini sekitar 12 persen. Efek kurang tidur pada otak dan tanda-tanda kurang tidur yang jelas adalah:
  • Mengantuk berlebihan
  • Menguap
  • Sifat cepat marah
  • Kelelahan siang hari

Stimulan seperti kafein tidak cukup untuk mengesampingkan kebutuhan mendalam tubuh Anda akan tidur. Di balik layar, kekurangan tidur kronis dapat mengganggu sistem internal tubuh Anda dan menyebabkan lebih dari sekedar tanda dan gejala awal yang tercantum di atas. Baca terus untuk mengetahui secara pasti bagaimana kurang tidur mempengaruhi fungsi dan sistem tubuh tertentu.
diamma.com
Sistem saraf pusat 
Sistem saraf pusat Anda adalah jalan raya informasi tubuh Anda. Tidur perlu dilakukan agar tetap berfungsi dengan baik, namun insomnia kronis dapat mengganggu bagaimana tubuh Anda biasanya mengirimkan informasi. Selama tidur, jalur terbentuk di antara sel saraf (neuron) di otak Anda yang membantu Anda mengingat informasi baru yang telah Anda pelajari. Kurang tidur membuat otak Anda kelelahan, sehingga tidak dapat menjalankan tugasnya juga. Anda mungkin juga merasa lebih sulit berkonsentrasi atau belajar hal baru. Sinyal yang dikirim oleh tubuh Anda juga akan terjadi pada saat penundaan, mengurangi keterampilan koordinasi Anda dan meningkatkan risiko kecelakaan Anda. Kurang tidur juga berpengaruh negatif terhadap kemampuan mental dan keadaan emosional Anda. Anda mungkin merasa lebih tidak sabar atau rawan perubahan mood. Ini juga bisa mengkompromikan proses pengambilan keputusan dan kreativitas. Jika kurang tidur cukup lama, Anda bisa mulai mengalami halusinasi-melihat atau mendengar hal-hal yang tidak ada di sana. Kurang tidur juga bisa memicu mania pada orang yang mengalami depresi manik. Risiko psikologis lainnya meliputi dan efek kurang tidur pada otak :
  • Perilaku impulsif
  • Depresi
  • Paranoid
  • Pikiran untuk bunuh diri

Anda mungkin juga akhirnya mengalami gangguan tidur pada siang hari. Selama episode ini, Anda akan tertidur selama beberapa detik atau beberapa menit tanpa menyadarinya. Microsleep berada di luar kendali Anda dan bisa sangat berbahaya jika Anda mengemudi. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih rentan terhadap cedera akibat perjalanan dan jatuh.

Sistem kekebalan Sementara Anda tidur 
sistem kekebalan tubuh Anda menghasilkan zat pelindung dan infeksi yang menyerang seperti sitokin. Menggunakan zat ini untuk memerangi penyerbu asing seperti bakteri dan virus. Sitokin juga membantu Anda tidur, sehingga sistem kekebalan tubuh Anda lebih banyak energi untuk mempertahankan tubuh Anda terhadap penyakit. Ketidakmampuan tidur mencegah sistem kekebalan tubuh Anda membangun kekuatannya. Jika Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda mungkin tidak bisa menangkis penyerang. Mungkin juga membawa Anda lebih lama pulih dari penyakit. Kurang tidur jangka panjang juga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Dan salah satunya disebabkan banyaknya kopi yang di konsumsi tiap hari dapat menyebabkan sulit tidur.
Sistem pernapasan Hubungan antara tidur dan sistem pernapasan berjalan dua arah. Gangguan nafas malam hari yang disebut apnea tidur obstruktif (OSA) dapat mengganggu tidur Anda dan menurunkan kualitas tidur Anda. Saat Anda terbangun sepanjang malam, ini bisa menyebabkan kurang tidur, yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi pernafasan seperti flu biasa dan flu. Kurang tidur juga bisa membuat penyakit pernafasan yang ada lebih parah, seperti penyakit paru kronis.
iwarta.id
Sistem pencernaan 
Seiring dengan makan terlalu banyak dan tidak berolahraga, kurang tidur adalah faktor risiko lain untuk menjadi kelebihan berat badan dan obesitas. Kurang tidur mempengaruhi tingkat dua hormon, leptin dan ghrelin, yang mengendalikan rasa lapar dan kenyang. Leptin memberitahu otak Anda bahwa Anda sudah cukup makan. Tanpa cukup tidur, otak Anda mengurangi leptin dan meningkatkan ghrelin, yang merupakan stimulan nafsu makan. Fluks hormon ini bisa menjelaskan ngemil di malam hari atau mengapa seseorang mungkin makan berlebih di malam hari. Kurang tidur juga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dengan membuat Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Ketidakhadiran tidur juga mendorong tubuh Anda melepaskan kadar insulin lebih tinggi setelah Anda makan. Insulin mengontrol kadar gula darah Anda. Tingkat insulin yang lebih tinggi mempromosikan penyimpanan lemak dan meningkatkan risiko diabetes tingkat 2.

Mengatasi kurang tidur


Sistem tidur kardiovaskular  mempengaruhi proses yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda, termasuk kadar gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan Anda. Ini juga memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Orang yang tidak cukup tidur lebih mungkin terkena penyakit kardiovaskular. Satu analisis yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Oncology menghubungkan insomnia dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Sistem endokrin Produksi hormon tergantung pada tidur Anda. Untuk produksi testosteron, Kerana akan mempengaruhi  efek kurang tidur pada wajah, Serta anda memerlukan setidaknya tiga jam tidur tanpa gangguan, yaitu tentang saat episode REM pertama Anda. Bangun sepanjang malam bisa mempengaruhi produksi hormon. Perputaran ini juga bisa mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan, terutama pada anak-anak dan remaja. Hormon ini membantu membangun massa otot dan memperbaiki sel dan jaringan. Kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan secara terus menerus, namun tidur dan olahraga juga membantu menginduksi pelepasan hormon ini.

Nah itu lah tadi sedikit informasi bagi anda supaya kita lebih menjaga diri kita sendiri dari penyakit akibat kurang tidur. Semoga informasi ini dapat membantu kita semua. 
trimakasih dan sehat selalu.
Efek Kurang Tidur Pada Tubuh Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top