Wednesday

Bahaya Begadang Untuk Tubuh Manusia

Cara mengatasi tidak bisa tidur

Begadang adalah keadaan dimana seseorang tidak tidur hingga larut malam bahkan sampe pagi. Karena manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari lima jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Tidur akan merileksasikan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke. Dan hal itu akibat sering begadang dan bangun siang. Maka sangatlah tidak bermanfaat klo kita tiap malam begadang terus terusan, Kecuali begadang memang kita mempunyai aktivitas yang tidak bisa ditunda dan menyebabkan kita harus begadang hingga larut malam.
Untuk kasus seseorang yang sering begadang, otomatis tidak dapat memenuhi waktu minimal untuk tidur yaitu delapan jam sehari, dan itu menjadi logika karena secara teiripun sudah dapat dibayangkan. Banyak hal negatif yang dapat muncul akibat kurang tidur, diantaranya adalah konsentrasi menurun, tidak fokus, tidak bersemangat, merasa lemas dan mengantuk, serta emosi naik atau mudah marah. Begadang banyak menyebabkan kerugian fisik dan psikis seseorang. Secara fisik, orang yang begadang secara tidak langsung mencegah tubuh memperbarui atau memproduksi sel-sel baru dalam tubuh. Karena pada saat tidur, semua proses tersebut dapat terjadi. OLeh sebab itu kita harus bijak terhadap diri sendiri dan meminimalisir semua penyakit pada diri kita.

Orang yang sering begadang lama-kelamaan akan muncul ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam dan berkantong, dan mata merah. Dan hal itu sudah dapat dipastikan Orang yang begadang juga selalu tidur larut malam dan baru bangun pada siang hari, bukan pagi hari. Kebiasaaan semacam itu harus dihindari, Jika perlu dibuang jauh jauh karena dengan bangun pagi, Kita merasa fresh dan siap menjalani aktifitas. Pada pagi hari ketika bangun tidur, Anda dianjurkan untuk minum air putih dalam volume yang banyak, hal ini bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat Anda tidur. Dan sebaiknya hindari begadang hingga larut malam.

Dengan begadang kita tentunya juga sulit menjaga pola makan kita sehari hari. Karena pola makan yang tidak teratur juga akan membahayakan kesehatan Anda. Semua dampak negatif yang timbul dapat disebabkan karena satu hal, yaitu begadang. Maka dari itu, kita harus menghindari kerjaan begadang atau menghentikan kebiasaan begadang Anda mulai sejak dini kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari. sebelum menimbulkan dampak yang merugikan.
gresik.wordpress.com

Alasan Begadang Dan Manfaat Begadang :
Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang harus begadang dan menerapkan pola hidup tidur selalu larut malam. Faktor-faktor yang membuat seseorang tidur kurang dari lima jam sehari tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Kerja Lembur
Seringkali begadang disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau aktivitas yang tidak bisa ditunda. Misalnya saja karena Anda adalah seorang pebisnis yang sibuk, atau seseorang yang mempunyai kebiasaan tidur malam. Maka bisa dipastikan Anda akan tidur larut malam karena Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan Anda terlebih dahulu. Bisa karena besok sudah dikejar deadline atau karena Anda tidak ingin pekerjaan Anda tidak menumpuk keesokan harinya. Kerja lembur secara perlahan akan membuat Anda memforsir kerja otak dan tubuh Anda melebihi limit/Quota tubuh manusia setiap harinya.
  • Kerja shift malam
Kerja shift malam juga akan membalik pola tidur dan hidup Anda. Yaitu bangun pada malam hari dan tidur pada siang hari. Hal ini sangatlah berbanding terbalik dengan orang yang hidup wajar dan Pola hidup seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan merusak semua sistem tubuh. Dan membuat Anda rentan terserang penyakit serta menurunnya daya tahan dan kesehatan Anda. Hal ini sangat berbahaya sekali untuk tubuh kita jika terlal dipaksakan.
  • Terlalu asik bermain
Seringkali kita lupa waktu dengan alasan seseorang menjadi kurang tidur dan begadang. Lupa waktu tidak harus selalu melulu soal pekerjaan yang menumpuk atau tugas ekstra. Lupa waktu juga dapat disebabkan karena Anda terlalu asik bermain. Bermain disini bisa bermacam-macam, jalan-jalan ke mall menghabiskan waktu, serta hangout. Suasana cafe atau sekitar tempat hangout Anda akan membuat Anda lupa waktu. Secara tidak sadar Anda akan begadang dan berakibat kurang tidur atau istirahat.
  • Bahaya begadang bagi wanita
Begadang jika dijadikan sebuah kebiasaan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh Anda. Oleh karena itu kita hars segera mngkin menghindari begadang tiap malam. Selain itu, kebiasaan begadang juga berbahaya bagi kesehatan psikis Anda. Begadang menyebabkan hilang konsentrasi, dan kurang fokus. Berikut ini adalah penjelasan beberapa bahaya begadang.
  • Muka Pucat dan lingkaran hitam di bawah mata
Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika Anda sering begadang adalah muka Anda yang terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, sepet, burem, lungset dan banyak lagi, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata sehingga anda terlihat seperti zombi. Dapat pula terlihat mata merah dan mata yang berkantung. Selain itu, begadang akan menimbulkan serta mempercepat munculnya banyak kerut di sekitar mata. Menurut penelitian dari Phil Gehrman, PhD, CBSM, Kurang tidur juga berakibat tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan.
  • Pusing dan Susah Konsentrasi
Kurang tidur juga menyebabkan hilang fokus dan kurang konsentrasi dan kita dibuat seperti orang bingung yang habis diguna guna oleh dukun. Ketika Anda bangun dari tidur dimana waktu tidur tersebut kurang dari enam jam, maka Anda akan cenderung bangun dalam keadaan pusing dan tidak bersemangat, lesu serta tidak bergairah. Kurang tidur juga menyebabkan Anda lebih sulit berkonsentrasi, akibatnya Anda akan menjadi pelupa. Menurut penelitian dari Amerika dan Perancis pada tahun 2007. Proses ini seringkali terjadi pada saat Anda tidur atau beristirahat. Proses tersebut juga membantu mengingat memori jangka panjang yaitu dengan cara mengirim informasi dari hipokampus ke neokorteks yang terdapat di dalam otak kita.
m.tempo.co
  • Daya Tahan Menurun
Efek samping dari kebiasaan begadang dapat mengakibatkan daya tahan yang menurun. Daya tahan atau sistem imun dan kekebalan tubuh Anda berangsur angsur akan menurun dan lama lama anda akan terlihat seperti orang kurang gisi. padahal pada kenyataannya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat Anda kurang, otomatis kerja tubuh juga tidak sempurna dan daya tahan tubuh Anda menurun.
  • Mudah Mengantuk
Kebiasaan begadang berakibat Anda mudah mengantuk keesokan harinya dan hal ini sangat berbahaya sekali apalagi bagi seorang pengedara. Telah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengendara kendaraan baik motor maupun mobil, yaitu mengemudi dalam keadaan mengantuk.


Begadang berpengaruh terhadap Pikiran
  • Stress dan depresi
Stress dan depresi merupakan dampak yang sering timbul akibat begadang. Selain berdampak pada kesehatan fisik, kurang tidur juga menyebabkan aspek psikologis Anda terganggu. Oleh karena itu jika pikiran anda tidak pingin terganggu maka biasakan tidur dengan cukup dan hindari begadang.
  • Mudah Marah
Kurang tidur akan menyebabkan emosi Anda lebih susah terkontrol, cenderung meledak-ledak serta mudah marah. Hal ini dipengaruhi hormon yang diproduksi tubuh ketika Anda tidur. Ketika tidur, tubuh Anda menghasilkan hormon-hormon. Namun jika Anda kekurangan tidur, otomatis tubuh Anda hanya bisa sedikit menghasilkan hormon dalam tubuh.


Resiko begadang menyebabkan Penyakit Jangka Panjang
  • Hipertensi
Hipertensi adalah tekanan darah yang tinggi. Hipertensi merupakan penyebab munculnya penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung kronis. Sedangkan faktor penyebab hipertensi salah satunya adalah kebiasaan begadang.
  • Penyakit Jantung
Selain dari faktor penyakit hipertensi, serangan jantung juga disebabkan oleh angin malam. Dan contohnya adalah jantung koroner. Karena penyakit tersebut awalnya seperti masuk angin biasa, tetapi dapat menyebabkan kematian. Dan biasanya disebut dengan angin duduk.
  • Resiko Stroke
Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa kebiasaan kurang tidur akan menyebabkan penyakit stroke. Dan untuk resiko serangan jantung sebesar lima puluh persen.


Bahaya begadang menurut islam dan berpengaruh pada Hormon :
  • Hormon Pertumbuhan Menurun
Hormon-hormon pertumbuhan paling banyak diproduksi pada saat Anda tidur. Pada saat Anda tidur, tubuh memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jika Anda membiasakan budaya hidup begadang, Anda telah memangkas waktu tidur Anda sehingga secara otomatis Anda juga membatasi produksi hormon yang dihasilkan tubuh Anda.
  • Mengurangi Resiko Bahaya Begadang
Seringkali kita begadang bukan karena kita mau tapi karena adanya sebuah tugas atau keharusan untuk begadang. Pertanyaan yang sering muncul dibenak kita adalah bila bahaya yang ditimbulkan akibat begadang ini sangat banyak, Kami menyarankan Anda untuk tetap menghindari begadang sebisa mungkin karena tubuh kita dirancang oleh Sang Khalik dengan sebuah keseimbangan.

Nah itulah tadi sepengal ringkasan informasi tentang bahaya begadang pada tubuh kita, Maka diperlukan juga cara mengatasi begadang agar tubuh menjadi lebih sehat. karena dengan begadang tiap hari selain menjadikan kita kurang semangat hal ini juga dapat menjadikan kita terlihat loyo dan kurang fit, Dan bagi anda yang hobby dengan begadang setiap hari maka hindarilah secepatnya karena begadang sangat tidak bermanfaat bagi tubuh manusia. Itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya berikan pada anda semuanya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu..
Bahaya Begadang Untuk Tubuh Manusia Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top