Saturday

7 Faktor Penyebab Kulit Ketiak Berwarna Hitam

Herballify -  Kulit ketiak yang menghitam sebenarnya wajar, namun tetap saja membuat kurang percaya diri. Apalagi jika Anda ingin memakai pakaian tanpa lengan.


Pada dasarnya banyak faktor penyebab kulit ketiak berwarna hitam. Antara lain karena kebiasaan yang sering Anda lakukan ataupun karena faktor kesehatan.

Faktor Penyebab Kulit Ketiak Berwarna Hitam

Lalu faktor apa saja penyebab kulit ketiak berwarna hitam?

1. Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketiak ternyata dapat menyebabkan kulit di area sekitar ketiak menghitam. Hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang terletak dibagian bawah permukaan kulit.

Selain itu, mencukur bulu ketiak terlalu sering bisa mengakibatkan pengerasan kulit di area sekitar ketiak, dan akhirnya membuat kulit ketiak menghitam. Anda bisa mencoba waxing untuk menghilangkan bulu ketiak sampai akarnya, sehingga warna kulit ketiak tidak menghitam.

2. Deodoran dan antiperspirant

Deodoran dan antiperspirant  dapat melindungi tubuh dari bau badan yang tidak sedap. Namun, keduanya mengandung bahan kimia yang bisa saja memiliki efek samping pada kulit, seperti iritasi dan menghitamkan kulit ketiak.

Namun, menurut beberapa dokter kulit memiliki pendapat berbeda. Yaitu, bukan deodorannya yang bisa menyebabkan ketiak berwarna hitam. Tapi bekas deodoran yang tidak dicuci bersih lah yang dapat memicu perubahan warna kulit di area sekitar ketiak.

3. Akumulasi Sel Kulit Mati

Faktor penyebab kulit ketiak berwarna hitam berikutnya adalah akumulasi sel kulit mati. Sel-sel kulit mati dapat terbentuk diseluruh permukaan kulit dan kemudian terakumulasi di permukaan kulit. Begitu juga dengan kulit ketiak. Oleh karena itu, akumulasi sel kulit mati dia area sekitar ketiak bisa menjadi penyebab kulit ketiak berwarna hitam.

4. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan titik gelap yang timbul pada kulit yang disebabkan oleh kelebihan melanin. Kondisi seperti ini biasa terjadi pada kulit dan kebanyakan tidak berbahaya.

5. Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans merupakan istilah medis dimana kondisi kulit tampak kusam dan menebal yang biasanya terjadi di area sekitar ketiak, selangkangan, dan leher. Kondisi medis seperti ini biasanya adalah pertanda seseorang menderita obesitas, diabetes, atau kadar hormon abnormal.

6. Infeksi Bakteri

Ketiak adalah tempat yang sempurna untuk bekteri berkembang biak, salah satunya adalah bakteri Corynebacterium minutissimum. Faktor utama penyebab bakteri pada ketiak adalah produksi keringat yang berlebihan. Selain faktor penyebab ketiak berwarna hitam, bakteri tersebut juga dapat menyebabkan infeksi kronis pada lapisan kulit yang lebih dalam (eritrasma).

7. Melasma

Melesma merupakan masalah kulit yang biasa terjadi, dan kebanyakan menyerang wanita dibandingkan pria. Salah satu cirinya adalah bercak gelap pada kulit. Beberapa faktor penyebab melasma antara lain terlalu sering terkena sinar UV, perubahan hormon pada masa kehamilan, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab kulit ketiak berwarna hitam. Jika Anda merasa kulit ketiak Anda berwarna gelap yang disebabkan oleh salah satu faktor kesehatan yang disebutkan di atas, segera konsultasi ke dokter kulit atau ahli dermatologi dan ikuti saran pengobatan yang diberikan. Namun, yang paling penting Anda harus selalu menjaga kebersihan tubuh, dan mandi minimal satu kali sehari.

7 Faktor Penyebab Kulit Ketiak Berwarna Hitam Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top