Wednesday

Manfaat Lendir Okra Untuk Mengontrol Gula Darah

Herballify - Ada yang kenal dengan sayuran bernama okra atau ada juga yang menyebutnya tanaman jari wanita? Sayuran yang satu ini memang belum begitu populer di Indonesia. Okra berbentuk seperti oyong namun berukuran lebih kecil, kira-kira sebesar cabai hijau besar. Okra dapat tumbuh dengan baik didaerah beriklim tropis dan hangat.


Memiliki rasa yang renyah dan memiliki tekstur hampir mirip dengan terong. Okra bisa di olah menjadi berbagai macam masakan seperti balado, kari, ataupun di tumis. Saat direndam dalam air, okra akan mengeluarkan lendir. Lendir dari rendaman inilah yang sangat kaya akan manfaat. Manfaat lendir okra antara lain menurunkan kolestrol, menurunkan gula darah, dan khusus untuk ibu yang sedang menyusui dapat membatu memperbanyak produksi ASI.

Manfaat Lendir Okra

Manfaat lendir okra lainnya antara lain dapat membuat tubuh lebih segar dan enteng, mengurangi kesemutan, dan sangat baik untuk ibu hamil karena lendir okra kaya akan kandungan asam folat. Okra termasuk tanaman yang kaya akan serat dan glutation, selain itu biji okra mengandung 40% minyak yang kaya akan nutrisi dan lemak tak jenuh seperti asam linoleat dan asam oleat.

Mengkonsumsi lendir okra atau air infusan okra secara rutin serta menjaga pola makan sangat efektif untuk mengontrol gula darah. Cara ini lebih aman dari pada mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah yang beredar dipasaran, selain itu cara ini juga lebih murah dan mudah. Untuk membuat air infusan okra ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Membuat Air Infusan Okra (Lendir Okra)

  • Ambil 10-15 buah okra segar , kemudian cuci bersih.
  • Selanjutnya potong-potong menjadi bagian kecil.
  • Rendam dalam air minum kurang lebih 1 liter, selama 1 jam. Air rendaman dapat direfil maksimal 3 kali.
  • Agar lebih segar masukan kedalam lemari pendingin.
  • Selesai, Anda dapat mengkonsumsi air infusan okra secara rutin untuk menurunkan gula darah.
Jangan kaget jika air rendaman mengental dan berubah seperti lendir. Karena manfaat lendir itulah yang sangat baik untuk kesehatan.


Tanaman okra cukup terkenal di beberapa negara seperti Jepang, Saudi Arabia, Philiphina, serta negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Namun di Indonesia sendiri okra belum terlalu populer, dan biasanya dijual di supermarket modern saja. 

Selain untuk menjaga gula darah, okra juga kaya akan manfaat. Manfaat okra antara lain: 
  1. Mengurangi resiko penyakit jantung
  2. Membantu proses pencernaan
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Membantu menurunkan berat badan
  5. Mencegah resiko cacat janin
  6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Itulah manfaat lendir okra untuk mengontrol gula darah, meski okra belum terlalu populer Anda bisa mencoba menanam okra sendiri karena okra termasuk tanaman yang sangat mudah beradaptasi dilingkungan baru. Sekian pembahasan tentang manfaat lendir okra, semoga bermanfaat.

Manfaat Lendir Okra Untuk Mengontrol Gula Darah Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top