Tuesday

Kandungan Gizi dan 11 Manfaat Okra Untuk Kesehatan

Herballify  -  Okra atau biasa disebut tanaman jari wanita merupakan salah satu tanaman sayur meskipun banyak juga yang menyebutnya buah okra. Budidaya okra sangat cocok dilakukan didaerah yang beriklim tropis dan hangat. Okra diperkirakan berasal dari benua Afrika tepatnya dari negara Etiopia, tanaman ini memiliki bentuk seperti oyong namun berukuran lebih kecil kira-kira seukuran cabai hijau besar.
Manfaat okra untuk kesehatan
Tanaman yang memiliki nama lain bendi dan bamia ini kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan. Manfaat okra antara lain untuk menurunkan berat badan, melancarkan saluran pencernaan, serta membuat kenyang lebih lama, karena orka mengandung serat yang cukup tinggi.

Kandungan Gizi Dalam Okra

Okra termasuk sayuran yang kaya akan serat dan glutation. Selain itu, biji okra mengandung minyak hingga 40%, dimana minyak tersebut sangat kaya akan kandungan lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat.

Berikut ini tabel kandungan gizi yang terdapat pada okra:

ItemNilai gizi% RDA
Energi1.5%31 kcal
Karbohidrat7.03 g5.4%
Protein2.0 g4%
Lemak0.1 g0.5%
Kolesterol0 mg0%
Serat3.2 g9%
Folat88 µg22%
Niacin1.000 mg6%
Asam Pantotenat0.245 mg5%
Pyridoxin0.215 mg16.4%
Riboflavin0.060 mg4.5%
Thiamin0.200 mg17%
Vitamin A375 IU12.5%
Vitamin C21.1 mg36%
Vitamin E0.35 mg2.5%
Vitamin K53 µg44%
Sodium8 mg0.5%
Potasium303 mg6%
Kalsium81 mg8%
Tembaga0.094 mg10 %
Besi0.80 mg10%
Magnesium57 mg14%

Manfaat Okra Untuk Kesehatan

1. Manfaat Okra Untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Resiko penyakit ginjal merupakan ancaman untuk seseorang penderita diabetes tipe 2. Hampir setengah penyakit yang berhubungan dengan ginjal dipicu oleh penyakit diabetes. Untuk mencegahnya Anda bisa mengkonsumsi okra atau lendir okra secara rutin yang di kombinasikan dengan diet sehat. Cara ini cukup efektif untuk mencegah resiko penyakit ginjal.

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Okra dapat membantu penyerapan kolestrol dengan baik, mencegah penyakit jantung, serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol dalam darah. Kolestrol merupakan faktor utama pemicu obesitas dan penyakit jantung.

3. Menurunkan Berat Badan

Okra termasuk jenis sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam setiap 100 gram okra hanya terkandung sekitar 300 kalori saja. Selain itu, sayuran yang memiliki tekstur mirip terong ini tidak mengandung lemak jenuh. Sehingga okra adalah sayuran yang kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Okra sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang melakukan program diet.

4. Manfaat Okra UNtuk Mencegah Sembelit

Okra termasuk tanaman jenis polong yang mengeluarkan lendir saat dimasak. Sehingga okra dapat membantu proses peristaltik kelancaran makanan yang dicerna dalam usus sehingga berkhasiat untuk meredakan dan mencegah sembelit.

5. Mejaga Kesehatan Mata

Okra kaya akan vitamin A, beta karoten, xanthein, dan lutein yang berkhasiat untuk menetralisir radikal bebas. Selain itu, kandungan nutrisi tersebeut sudah terbukti dapat melindungi mata dari resiko penyakit makula dan katarak.

6. Manfaat Okra Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A yang terkandung dalam orka juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, membantu penyembuhan lebih cepat, mencegah jerawat, serta mencegah penuaan dini dan keriput karena orka dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh

 Mengkonsumsi okra secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi, meredakan batuk, dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Hal ini dikarenakan dalam satu buah okra terkandung 36% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, kandungan zat besi dalam okra bisa membantu mengatur molekul hemoglobin. Hemoglobin atau sel darah merah merupakan penanggung jawab dalam proses pendistribusian oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Okra mengandung vitamin K yang merupakan penangkal enzim pembekuan darah dan dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Selain itu, okra juga kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

9. Manfaat Okra Untuk Mengobati Anemia

Jus okra segar dapat digunakan untuk mengobati anemia, karena jus okra banyak mengandung vitamin A, C, magnesium, zat besi serta mineral lainnya yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk mengobati anemia. 

10. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan seperti procyanidin, quercetin, katekin, epicatehin, dan rutin pada okra mampu meminimalisir resiko penyakit jantung.

11. Mencegah Resiko Cacat Janin

Sayur okra segar adalah sumber folat yang sangat baik. Dalam 100 gram okra segar terkandung sekitar 22% RDA. Makanan yang kaya akan folat sangat dianjurkan untuk wanita hamil, karena dapat membantu menurunkan resiko cacat tabung saraf janin dalam kandungan.

Efek Samping Okra

Manfaat okra memang sangat banyak, namun okra mengandung oksalat cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan batu empedu memburuk. Selain itu mengolah okra dengan cara digoreng dapat meningkatkan kolestrol yang bisa membehayakan kesehatan, sehingga disarankan untuk mengolah okra dengan cara direbus agar lebih aman saat dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat okra untuk kesehatan. Namun sayangnya budidaya okra di Indonesia masih sangat jarang, sehingga okra sedikit sulit didapatkan dan harganya cukup mahal. Semoga bermanfaat.
Kandungan Gizi dan 11 Manfaat Okra Untuk Kesehatan Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top