Sunday

Selain Kaya Akan Vitamin C, Inilah Manfaat Buah Strawberry Untuk kesehatan

Herballify - Strawberry adalah tanaman buah berupa herba yang diperkirakan berasal dari daratan Amerika. Salah satu spesies strawberry yaitu Fragaria chiloensis L banyak tersebar di negara-negara Amerika, Eropa, serta Asia. Sedangkan spesies lain, yaitu F. vesca L menyebar lebih luas dibanding spesies lainnya. Varietas starberry ini juga yang diperkirakan pertama kali masuk ke Indonesia.


Buah yang memiliki warna merah dan memiliki bintik hitam ini kaya akan manfaat. Memiliki rasa manis dan sedikit asam segar membuat buah yang satu ini banyak digemari. Selain itu strawberry kaya akan kandungan nutrisi didalamnya, antara lain sebagai berikut:

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Strawberry

1. Vitamin C

Strawberry kaya akan kandungan vitamin C bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan 1 buah jeruk orange, karena strawberry dapat memenuhi 89 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian. Banyak sekali manfaat buah strawberry, antara lain untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, membantu proses penyembuhan luka, serta meningkatkan kekebalan tahan tubuh terhadap infeksi. Selain itu strawberry mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah resiko penyakit kanker tertentu.

2. Kalori

Delapan buah strawberry atau satu gelas strawberry mengandung sekitar 50 kalori tanpa mengandung kolestrol dan asam lemak jenuh. Selain itu, dalam jumlah yang setara strawberry mengandung 30 mikrogram (ug), asam folat. Jumlah ini hampir sama dengan 7,5% kebutuhan asam folat harian yang dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang hamil, yaitu 400 ug. 

Asam folat berkhasiat untuk meminimalisir terjadinya cacat tabung syaraf pada janin. Selain itu, satu gelas jus strawberry segar mengandung sekitar 270 miligram potassium, karena potassium adalah salah satu mineral yang sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang melakukan program penurunan tekanan darah. Dalam jumlah yang sama juga mengandung sekitar 4 gram serat, yang berkhasiat untuk menekan kadar lemak dan kolestrol darah serta membantu menyehatkan saluran pencernaan.

3. Antioksidan

Dalam sebuah penelitian, buah strawberry merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Antioksidan dapat menghambat proses pembentukan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam strawberry dapat melindungi hati, serta antiinflamasi.

Dalam sebuah percobaan pada ekstrak strawberry yang dilakukan oleh Departemen of Agirculture AS, strawberry terbukti dapat menghambat tumbuhnya sel kanker serviks maupun sel kanker payudara. Beberapa percobaan lain menunjukan, asam ellagik yang terkandung dalam strawberry dapat menghampat penyebaran kanker paru-paru, kulit, kerongkongan, dan hati yang disebabkan oleh pencemaran bahan kimia tertentu. Pada percobaan pada sel kanker payudara, asam ellagik dapat menghambat pertumbuhan hingga 45%. Selain itu, strawberry juga mengandung kuercetin yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker prospat dan kanker payudara.

Buah strawberry juga mengandung seyawa fitokimia lainnya, yaitu kaempferol, asam fenolat, asam ellagik, kuersetin, dan antosianin yang terbukti bisa mencegah pembekuan darah yang menjadi salah satu faktor penyebab serangan jantung dan stroke.

Dalam 160 gram strawberry segar mengandung:
  • Potasium 44,82 mg
  • Selenium 1,16 mg
  • Vitamin C 94,12 mg
  • Folat 29,38 mg
  • Vitamin A 44,82 IU.
  • Energi 50 kalori
  • Protein 1 gram
  • Karbohidrat 11,65 gram
  • Serat 3,81 gram
  • Kalsium 23, 24 mg
  • Magnesium 16,60 mg
  • Fosfor 31,54 mg

Inilah Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan


Dengan kandungan nutrisi yang sudah dijelaskan diaatas, strawberry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah strawberry untuk kesehatan antara lain:

1. Memutihkan Gigi

Kandungan asam malat yang terkandung pada strawberry dapat bertindak sebagai zat yang dapat mengikis serta menghilangkan noda pada permukaan gigi. Mengunyah strawberry secara rutin dapat menjaga kesehatan mulut, seperti: menghilangkan bau mulut, memutihkan gigi, dan menjadikan nafas lebih segar.

2. Mencegah Kanker

Strawberry kaya akan kandungan vitamin A, C, E, serta asam ellgic yang dapat melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Strawberry juga bisa mencegah ternjadinya Leukimia. Leukimia adalah salah satu penyakit kaker ganas dan buah strawberry dipercaya dapat meminimalisir resiko kanker ini.

Selain itu, kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam buah strawberry dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan dalam strawberry juga tetap tinggi meski sudah diolah menjadi bentuk lain, seperti jus atau selai strawberry.

3. Mengobati Jerawat

Strawberry juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat karena mengandung asam salisiat.

4. Menjaga Kehalusan Kulit

Buah strawberry dapat digunakan sebagai lulur mandi yang efektif untuk menghaluskan dan memutihkan kulit karena buah strawberry dapat mengangkat sel kulit mati. Untuk mendapat hasil yang lebih optimal, campurkan starwberry yang sudah dihaluskan dengan susu serta olive oil. Selain lebih haus, kulit akan terlehiat lebih cerah dan sehat.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Usia serta asupan nutrisi memang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan kandungan zat antioksidan dalam strawberry maka dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan dini.

6. Menghambat Kerusakan Fungsi Otak

Lingkungan dan makanan menjadi salah satu faktor penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh. Radikal bebas bukan hanya menyebabkan penuaan dini, tetapi bisa juga beresiko terhadap fungsi otak. Namun dengan kandungan vitamin C dan fitonutrient dalam strawberry hal tersebut dapat dihindari.

7. Mencegah Alergi dan Peradangan

Strawberry merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gula rendah, sehigga sangat cocok untuk diet penderita diabetes, mencegah encok, serta radang sendi.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Strawberry mengandung potasium dan zat besi yang sangat efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengembalikan keseimbangannya.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Strawbery cukup efektif untuk mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh, serta mencegah serangan penyakit jantung, karena strawberry mengandung serat yang sangat tinggi, vitamin C, asam folat, dan antioksidan.

Itulah beberapan manfaat buah strawberry untuk kesehatan. Jangan lupa untuk terus menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga agar Anda bisa tetap sehat. Semoga bermanfaat.
Selain Kaya Akan Vitamin C, Inilah Manfaat Buah Strawberry Untuk kesehatan Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top