Saturday

9 Manfaat Buah naga Ungu Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Herballify - Buah naga ungu atau dikenal dengan nama ilmiah Hylocereus polyrhizus adalah satu jenis buah naga merah. Warna ungu pada buah tersebut mengindikasikan tingkat kandungan pigmen betalain yang cukup tinggi hingga buah naga tersebut mempunyai warna ungu seperti umbi bit.
Manfaat buah naga ungu hampir sama dengan buah naga lainnya, namun buah naga ungu memiliki kandungan antioksidan betalin yang lebih tinggi daripada buah ungu varietas lainnya. Oleh karena itu, buah naga ungu mempunyai manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil dan kesehatan janin.

Manfaat Buah Naga Ungu Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Buah naga ungu memiliki bentuk yang sama dengan buah naga lainnya, yaitu memiliki kulit buah berwarna merah dan berlapis-lapis seperti kulit naga. Buah naga di perkirakan berasal dari Amerika Tengah dan Amerika selatan, dan mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000an. Namun saat ini sudah banyak petani Indonesia yang telah membudidayakannya, karena cara menanam bauh naga cukup mudah serta memiliki usia produktif yang cukup panjang.

Ciri-ciri Buah Naga

Buah naga memiliki bentuk fisik yang hampir sama pada keempat varietasnya, yaitu memiliki bentuk kulit bersisik dan berwarna merah. Kecuali varietas buah naga kuning yang memiliki kulit berwarna kuning. Berikut ini adalah ciri-ciri buah naga:
  1. Buah naga termasuk keluarga kaktus yang mampu bertahan hidup di lingkungan yang kekurangan air.
  2. Memiliki bentuk pohon seperti kaktus yang disertai duri-duri tajam.
  3. Kulit buahnya berlapis-lapis seperti sisik naga, serta mempunyai dua warna yaitu merah dan kuning.
  4. Termasuk kedalam jenis tanaman berakar serabut.
  5. Bunganya juga bisa di konsumsi.
  6. Memiliki akar yang bisa tumbuh sepanjang batang pohon.
  7. Bunga yang tidak rontok akan menjadi bakal buah.
  8. Pohon buah naga merambat dan juga memiliki lapisan lilin di pohonnya.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Naga

Buah naga ungu merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, terutama jika di konsumsi secara teratur. Manfaat buah naga ungu tidak lepas dari kandungan nutrisi dan vitamin yang ada didalamnya. Berikut ini adalah kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah naga:
  • Serat (0,9 gram)
  • Fosfor (36,1 miligram)
  • Lemak (0,61 gram) 
  • Niacin (0,430 miligram)
  • Air (83 gram)
  • Vitamin C (15 gram)
  • Karbohidrat (9 gram sampai dengan 14 gram)
  • Folat (10 gram)
  • Karoten (0,012 gram)
  • Protein (0,229 gram)
  • Zat Besi (0,65 miligram)
  • Fitokimia
  • Antioksidan tinggi

Manfaat Buah Naga Ungu Untuk Ibu Hamil

1. Membentuk Sel Darah Merah

Untuk ibu hamil yang sering mengalami anemia atau kurang darah ada baiknya mengkonsumsi buah naga, baik dengan cara diolah menjadi jus ataupun dikonsumsi langsung. Karena buah naga mengandung zat besi sebanyak 0,65 mg per 100 g. Zat besi dalam buah naga berkhasiat untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengurangi resiko kurang darah pada ibu hamil.

Saat sedang hamil, sel darah merah ibu terbagi dua yaitu untuk ibu hamil sendiri serta janin yang ada dalam kandungannya. Oleh karena itu, seseorang yang sedang hamil sangat rentan terserang anemia. Anemia tidak boleh dianggap sepele, karena anemia dapat menyebabkan rasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga. Tidak hanya itu, ibu hamil yang terserang anemia dapat berpengaruh terhadap janin yang ada didalam kandungannya seperti rentan mengalami kelainan darah, kecerdasan menurun, dan masih banyak lainnya. Selain itu, zat besi yang terkandung dalam buah naga berkhasiat untuk memasok nutrisi dan oksigen kedalam janin.

2. Sumber Energi

Ibu hamil yang sering merasa lemas dan kurang berenergi dapat mengkonsumsi buah naga untuk mengatasinya. Dalam 100 gram buah naga mengandung karbohidrat sebanyak 9-14 gam. Untuk ibu hamil dianjurakan mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 135 gram/hari.

3.Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin

Buah naga kaya akan kandungan folat. Folat adalah salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan saat kehamilan. Folat mempunyai manfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Saat dalam kandungan, janin harus tumbuh dan berkembang, jika tidak maka janin tersebut sangat rentan keguguran  atau terkena cacat. Janin yang kekurangan folat dapat beresiko cacat tabung pada bagian syaraf.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah naga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Wanita yang sedang hamil biasanya sangat rentan terserang masalah dalam BAB. Dengan mengkonsumsi buah naga minimal 100 gram/hari dapat melancarkan pencernaan, serta dapat menyehatkan usus.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga ungu berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, karena buah naga kaya akan kandungan vitamin C. Ibu hamil sangat membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk melindungi dari serangan penyakit seperti flu, batuk, dan penyakit lainnya. Jika sistem imun tubuh ibu hamil melemah maka janin pun mempunyai resiko yang sama, karena saat dalam kandungan bayi membutuhkan sistem imun ibu untuk menghindari serangan penyakit, kuman, dan bakteri yang ada dalam rahim.

6. Membentuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium yang terkandung dalam buah naga sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Tulang dan gigi janin perlu mendapat perhatian dalam proses perkembangannya, karena jika janin kekurangan kalsium dapat menyebabkan kelainan pada tulang dan gigi bayi.

7. Mencegah Penyakit

Kadungan nutrisi dalam buah naga seperti protein, zat besi, serta potasium berkhasiat untuk mencegah serangan penyakit yang masuk kedalam tubuh ibu hamil.

8. Melawan Penyakit

Saat ibu hamil terserang penyakit ringan seperti flu, demam, serta batuk cobalah untuk mengkonsumsi buah naga, karena kandungan fitokimia di dalamnya berkhasiat untuk melawan penyakit.

9. Mencegah Lahiran Prematur

Kandungan asam folat yang terkandung dalam buah naga dapat mencegah kelahiran prematur. Bayi yang dilahirkan secara prematur dapat disebabkan oleh kurangnya asupan asam folat pada ibu hamil.

10. Menyeimbangkan Metabolisme Sel

Buah naga mengandung vitamin B1 yang dapat digunakan sebagai penyeimbang metabolisme sel. Metabolisme yang seimbang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya.

11. Menghindari Penyakit Beri-beri

Selain itu kandungan vitamin B1 juga berkhasiat untuk menghindari dan mencegah penyakit beri-beri selama kehamilan. Penyakit beri-beri dapat menyerang kapan saja saat wanita sedang hamil.

12. Menormalkan Tekanan Darah

Ibu hamil yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mengkonsumsi buah naga, karena kandungan vitamin B di dalamnya dapat digunakan untuk menetralisir dan menormalkan tekanan darah tinggi. Jika ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, biasanya akan rentan terkena komplikasi kehamilan. Oleh karena itu, untuk mencegah hipertensi dan membuat tekanan darah kembali normal konsumsilah buah naga sebanyak 100 gram/hari.

Itulah beberapa manfaat buah naga ungu untuk ibu hamil dan kesehatan janin. Selain memiliki rasa yang nikmat ternyata buah dari keluarga kaktus ini sangat kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

9 Manfaat Buah naga Ungu Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top