Tuesday

10 Khasiat Daun Sirih Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tanaman Sirih merupakan salah satu tanaman menjalar yang berakar atau dapat menempel pada tembok/tanaman lain untuk berkembang biak. Bentuk daunnya yang berbentuk hati, halus, daunnya juga bersinar dan memiliki 5-7 rusuk yang timbul didasarnya.

10 Khasiat Daun Sirih Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih memiliki banyak kegunaan. Dalam pengobatan tradisional daun sirih sangat penting digunakan sebagai obat anti kembung, membantu dalam pendarahan dll. Bukan hanya itu, ternyata daun sirih memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan kita, diantaranya:

10 Manfaat Daun Sirih yang berguna untuk Kesehatan

  1. Daun Sirih Dapat Membantu Untuk Mengobati Lemah Syaraf
    Beberapa ahli syaraf menyatakan bahwa daun sirih dapat membantu dalam pengobatan penyakit syaraf. Daun sirih membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan kelelahan syaraf yang dapat mengganggu penderita.
  2. Daun Sirih Dapat Membantu Mengobati Sakit Kepala
    Di dalam daun sirih terkandung zat yang bersifat analgesik dan pendingin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada kelapa penderitanya.
  3. Daun Sirih Dapat Membantu Mengobati Gangguan Pernapasan
    Daun sirih dapat dijadikan salah satu obat yang digunakan dalam penyakit gangguan pernapasan pada anak-anak dan dewasa sekalipun.
    Cara Membuat Ramuan :
    - Rendam daun sirih dengan minyak yang sebelumnya telah dicuci bersih.
    - Lalu terapkan atau tempelkan pada bagian dada untuk meredakan batuk atau sesak nafas.
  4. Daun Sirih Dapat Membantu Mengobati Sembelit
    Kasus sembelit yang sering dialami oleh anak-anak dapat menyebabkan berbagai efek buruk untuk kesehatan mereka. Cobalah untuk membuat supositoria yang dapat dibuat dengan menggunakan tangkai daun sirih yang sebelumnya dicelupkan pada minyak jarak, lalu masukkan pada bagian rectum si anak.
  5. Daun Sirih Dapat Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan
    Jika seseorang menderita sakit tenggorokan pastinya sangat mengganggu. Daun sirih disini mempunyai tugas yang cukup besar.
    Mulailah untuk mengaplikasikan daun sirih dengan menggabungkan buah berry dan madu lalu konsumsi lah secara teratur sebagai obat pereda sakit tenggorokan dan batuk.
  6. Daun Sirih Dapat Membantu Mengobati Peradangan
    Pengobatan penyakit arthritis dan orchitis dapat menggunakan daun sirih.
  7. Daun Sirih Dapat Membantu Menyembuhkan Luka
    Jus daun sirih dapat digunakan dalam pengobatan luka luar.
    Caranya : Mulailah jus daun sirih lalu ambillah ekstraknya, kemudian oleskan atau letakkan pada bagian yang luka. Lalu perban bagian luka tersebut maka luka akan sembuh dalam waktu 2 hari.
  8. Daun Sirih Dapat Membantu Mengobati Bisul
    Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup membuat risih si penderita.
    Pengobatan bisul secara alami dapat menggunakan rempah-rempah seperti daun sirih sebagai obatnya.
    Caranya : tempel kan daun sirih ke bagian tubuh yang terkena bisul hingga bisul memecah.
  9. Daun Sirih Dapat Mengobati Sakit Pinggang
    Untuk mengobati sakit pinggang, cobalah untuk membuat tapal panas yang terbuat dari daun sirih. Campurkan jus daun sirih dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada punggung yang sakit. Keadaan akan membaik di keesokan harinya.
  10. Daun Sirih Dapat Membantu Dalam Masalah Sekresi ASI
    Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui masalah sekresi ASI dapat ditanggulangi dengan menempelkan daun sirih yang diolesi dengan minyak pada payudara si ibu. Maka sekresi ASI akan menjadi lancar selama proses menyusui.

Meskipun rasa dari daun sirih memanglah terasa aneh, akan tetapi khasiat dan manfaat daun sirih dapat anda rasakan jika digunakan secara baik untuk mencegah penyakit maupun untuk pengobatan.
Dalam pengobatan akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan kimiawi yang tidak baik untuk ginjal kita.
Hal itu karena alami adalah pilihan yang baik untuk sekarang dan kedepannya. Mari hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat pula.
10 Khasiat Daun Sirih Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Rating Star : 4.6 Review By : Google.com

Top